Sepeda Bambu BELO Balance Bike Raih Penghargaan Good Design 2022

Tuesday, 28 June 2022, 15:08:57

Gunungputri, Bogor - Kreasijabar.id

Produk Ekonomi Kreatif (Ekraf) Sepeda Bambu Aranabike asal Desa Bojong Nangka, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor meraih Penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2022. Penghargaan ini langsung diumumkan oleh Akun instagram resmi @gooddesignindonesia pada Sabtu (25/6/2022). 

Good Design Indonesia sendiri merupakan ajang penganugerahan berskala nasional yang diberikan kepada karya-karya desain terbaik di Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sejak 2017.

CEO Aranabike Denyhesti menyampaikan bahwa produk Aranabike yang baru saja meraih penghargaan dari GDI 2022 adalah BELO Balance Bike. BELO Balance merupakan produk terbaru Aranabike yang baru diluncurkan pada bulan Mei 2022 lalu. 

"BELO Balance Bike adalah sepeda yang bertujuan untuk melatih keseimbangan anak mulai usia 1,5 sampai 5 tahun dengan tinggi 78 cm  dan mampu menahan beban anak hingga 45 kilo," kata Denyhesti.

Menariknya, BELO Balance Bike ini merupakan sepeda untuk Anak-anak yang menggunakan material rangka utama terbuat dari Bambu Gombong dilaminasi berbentuk segienam yang memberikan kenyamanan, ringan dan tentunya ramah lingkungan.

Mengenai inspirasi desain, Denyhesti bercerita bahwa Aranabike ingin memberikan first emosional impression texture bambu sejak kecil sekaligus kepedulian terhadap lingkungan serta sisi edukasi untuk sistem keseimbangan.

"Dari sisi Desain, frame BELO berbentuk low step frame dan ringan yang menjadikan BELO memiliki pusat gravitasi yang rendah. Anak menjadi sangat mudah untuk mengendalikannya dan apabila sang anak kehilangan keseimbangan tentunya mengurangi dampak cedera dan trauma bagi sang anak. Selain itu texture bambu memberikan first emosional impression bagi anak sehingga anak dapat merasakan dan mengenal texture bambu sejak kecil. Diharapkan nantinya pada saat dewasa dia anak mencintai bambu dan lingkungan," lanjutnya. 

Denyhesty menambahkan, bambu memiliki kekuatan yang lebih dari cukup untuk menahan beban yang bekerja pada rangka sepeda, ditambah dengan karakteristik bambu yang memiliki serat-serat mikro yang menjadikannya dapat meredam getaran yang bekerja pada sepeda. 

Proses yang diikuti oleh Aranabike untuk membawa BELO meraih prestasi tidaklah mudah. Aranabike mulai mengikuti proses seleksi sejak Bulan Februari dan dari beberapa produk Aranabike yang diikutsertakan, BELO menjadi satu-satunya produk Aranabike yang melewati beberapa Tahapan Penjurian hingga dinyatakan sebagai salah satu pemenang Good Design Indonesia 2022.

"BELO merupakan desain kolaborasi secara internal teamwork,termasuk oleh pekerja kami yang menjadikan bentuk yang selain bagus dan efisien tetapi juga efektif dalam proses produks," jelasnya.

Bagi Anda yang ingin memberikan Buah Hati Anda BELO Balance Bike bisa memesan melalui instagram @Aranabike.

"Saat ini kami tengah fokus mengembangkan pemasaran melalui distributor offline, dan juga bekerja sama secara B to B dengan pihak-pihak terkait tidak hanya untuk penjualan namun juga untuk pengembangan produk dan penetrasi pasar baik dalam negeri maupun expor," harapan Denyhesti. 

Ditulis oleh: Robby Firliandoko

Bagikan berita ini