Pelatihan JabArt GoTrade di Purwakarta, Bogor, dan Bandung bekerja sama dengan DHL Express Indonesia

Monday, 18 December 2023, 10:35:10

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) serta Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat (KREASI Jabar) melakukan kerja sama dengan pihak swasta yakni DHL Express Indonesia dalam upaya mengembangkan kapasitas Usaha Kreatif Jawa Barat agar dapat menembus pasar global dengan melakukan ekspor. Program yang dibentuk berupa Pelatihan JabArt GoTrade yang dilaksanakan di beberapa wilayah Jawa Barat, yakni di Purwakarta, Kota Bogor dan Kota Bandung. Program ini terdiri dari sosialisasi, konfirmasi & assessment, pelatihan, dan nantinya pendampingan kepada Usaha Kreatif Jawa Barat yang berpotensi ekspor.

DHL (Dalsey, Hillblom, dan Lynn) didirikan pada tahun 1969 di Amerika, yang kemudian berkembang menjadi salah satu perusahaan kurir dan logistik terbesar di dunia, hingga merambah ke Indonesia. Selanjutnya, DHL Express Indonesia merupakan bagian dari jaringan global DHL yang beroperasi di lebih dari 220 negara dan wilayah di seluruh dunia. DHL Express Indonesia adalah salah satu pemain utama di industri logistik dan pengiriman di Indonesia yang menyediakan layanan ekspres dan logistik berkualitas tinggi bagi individu dan perusahaan, dan juga menawarkan berbagai opsi pengiriman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, termasuk pengiriman dalam negeri dan internasional.

 

Pelaksanaan Pelatihan JabArt GoTrade di Purwakarta

Kegiatan Pelatihan JabArt Gotrade di Kota Purwakarta dihadiri oleh JF Adyatama Kepariwisataan dan Ekraf, Melinda Rizki yang mewakili Benny Bachtiar (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat); Drs. H. Mohamad Ramdhan, M. Si. selaku Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta; Harry Mawardi, S.Ds., M.Ds. selaku Direktur Eksekutif Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat; serta narasumber-narasumber dari DHL Ekspress Indonesia, yakni Ajeng Islaminingsih selaku Business Development Executive for E-Commerce DHL Express Indonesia dan Galih Gustiarahman selaku Field Sales Executive Area Purwakarta.

Dalam sambutan yang diberikan Bapak Mohamad Ramdhan, beliau sangat berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang pelatihan biasa saja, namun kedepannya UMKM di Purwakarta dapat mengimplementasikan penjualannya dan sukses dalam hal ekspor impor barang. Selanjutnya, setelah memberikan sambutan, Ibu Melinda Rizki juga membuka pelatihan program JabArt GoTrade pertama yang diselenggarakan di Purwakarta Creative Center.

Setelah Kabupaten Purwakarta, Pelatihan JabArt GoTrade ini digelar di Kota Bogor.

 

Pelaksanaan Pelatihan JabArt GoTrade Kota Bogor

Setelah pelatihan JabArt GoTrade di Purwakarta pada 31 Oktober 2023, pelatihan kemudian dilanjut di Kota Bogor pada 7 November 2023. Kegiatan Pelatihan JabArt GoTrade Kota Bogor dihadiri oleh Iceu Pujiati S.H, M.M. selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor; Wakil Direktur Eksekutif Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat; serta narasumber-narasumber dari DHL Ekspress Indonesia, yakni Ajeng Islaminingsih selaku Business Development Executive for E-Commerce DHL Express Indonesia dan Bobby Fuadi selaku Area Sales Manager DHL Ekspress Indonesia.

Pada sambutan sekaligus pembuka pelatihan program JabArt GoTrade yang diselenggarakan di Bogor Creative Center, Ibu Iceu Pujiati S.H, M.M. sangat berharap bahwa para pelaku ekonomi kreatif khususnya wilayah Bogor dapat memperluas jaringan penjualannya ke ranah internasional. Setelah Kota Bogor, kegiatan pelatihan ini akan diselenggarakan sekaligus ditutup di Kota Bandung.

 

Pelaksanaan Pelatihan JabArt GoTrade Kota Bandung

Pelatihan JabArt GoTrade di Kota Bandung pada 14 November 2023, merupakan kelanjutan sekaligus penutup dari pelatihan yang telah diadakan di Purwakarta dan di Kota Bogor. Kegiatan pelatihan di Kota Bandung ini dihadiri oleh Mochammad Yana Apriana, S.T., M.T. selaku Adyatama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Harry Mawardi, S.Ds., M.Ds. selaku Direktur Eksekutif Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat (KREASI Jabar), Daniel Lumintang selaku Area Sales Manager, serta narasumber dari DHL Ekspress Indonesia, yakni Ajeng Islaminingsih selaku Business Development Executive for E-Commerce DHL Express Indonesia serta Rully Julian dan Jessie Yulianti selaku Field Sales Executive DHL Ekspress Indonesia.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian sambutan oleh KREASI Jabar, kemudian sambutan dari DHL Ekspress Indonesia, serta sambutan dan pembukaan acara JabArt GoTrade di Bandung oleh Bapak Mochammad Yana Apriana, S.T., M.T., yang memaparkan bahwa UMKM di Jawa Barat sangat berpotensi untuk naik kelas dan go internasional.

Sama seperti di 2 wilayah sebelumnya, kegiatan JabArt GoTrade ini dibagi ke dalam 3 sesi pemaparan materi, yakni mengenai dasar-dasar penjualan ekspor, cara menentukan target pasar penjualan yang benar, dan mengenai bea cukai serta dokumen-dokumen yang diperlukan untuk kegiatan ekspor.

Dengan selesainya pelatihan JabArt GoTrade di Bandung, pihak pemerintah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat yang bekerja sama dengan pihak swasta yakni DHL Ekspress Indonesia berharap melalui program JabArt GoTrade ini dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Jawa Barat agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi standar ekspor hingga menembus pasar global.

Bagikan berita ini