Lestari Bersama Kreasi Jabar Dukung UMKM Energi Berkelanjutan

Tuesday, 27 September 2022, 09:20:34

Puluhan start-up berkumpul dalam helatan Wakunjar (Waktu Kunjung Pakar) X Lestari, "Road to PLN Elevation: Preparing your Business for the Digital Age” pada Jumat (23/9).

Bandung 25/09 (sokoguru,id) Menurut data Menko Ekonomi, Jumlah startup berkembang pesat di Indonesia. Per-Juli 2022 saja sudah mencapai 2.231 startup ada di Indonesia. Jumlah nilainya sebesar 156T. Pada tahun 2030 ditaksir nilainya akan bertambah 80%.

Puluhan start-up berkumpul dalam helatan Wakunjar (Waktu Kunjung Pakar) X Lestari, "Road to PLN Elevation: Preparing your Business for the Digital Age” pada Jumat (23/9). Acara yang diselenggarakan Lestari Project bersama Kreasi Jabar ini adalah wujud program PLN dalam mengorbitkan start-up potensial bervisi energi berkelanjutan untuk mendapat program accelerator dari PLN.

Dibuka oleh Harry Mawardi, Direktur Kreasi Jabar. Dan Cynthia Krisanti, Director Program dari Lestari Project dengan harapan memberikan insight terkait energi terbarukan dan bisnis di era digital.

Kreasi Jabar hadir di Jabar untuk meningkatkan kapasitas pelaku startup. Dengan fasilitas pembiayaan, link n match, database untuk startup, pelaku ekonomi kreatif di Jawa Barat.

“Startup di Jawa Barat cukup banyak jumlahnya, dan sangat perlu untuk dikolaborasikan dengan ecology accelerator.” Tutur Harry Mawardi.

Lestari adalah hub connector dan accelerator untuk para startup di Indonesia. Dalam helatan ini, Kreasi Jabar dan Lestari Mencari aset dan resource, untuk membantu funding startup berbasis energi terbarukan.

Dimoderatori oleh Rivaldi Rahadian dari Kreasi Jabar, Dibahas oleh Danang Juffry dari Google dan Leorede Thenu sebagai Manager Project dari Lestari.

Apa Yang Perlu Diperhatikan Start-Up Kita

Danang Juffry, Google Community Manager For Google Developers Indonesia and Brunei menyampaikan bahwa dari berbagai tantangan digitalisasi adalah dua faktor.

“Pertama adalah terkait kemudahan akses. Kedua, adalah data. Dengan data, kita punya analisis yang lebih maju. Dengan data kita dapat mengetahui perilaku audience, berapa lama dia mengunjungi laman kita, pendapatannya juga dan lain-lain.” Tutur Danang Juffry.

Mengenai lokalitas, Leorede Thenu mengemukakan bahwa “Start Up bukan hanya terbatas lokal, dengan kreativitas bisa dibangun lebih lagi. Dengan platform yg ada, bisa private dan pemerintah bisa membantu. Jika Startup bisa mengikuti dan menjalankannya dia pasti bisa maju.”.

Program PLN Elevation

Program ini memberikan pendanaan total 1,45 Milyar untuk para startup. Future Lestari mengumumkan kolaborasi pertamanya bersama PLN Indonesia inovasi solusi yang berfokus kepada: Resource and Asset Innovation, Green Energy Ecosystem, Electric Ecosystem. Dalam program ini start-up akan diberikan pelatihan ekslusif.

Pendanaan total sebesar Rp 1.000.000.000 untuk 10 finalis dan Rp 450.000.000 untuk 3 startup terbaik. Pendaftaran video pitch dikumpulkan di futurelestari.com mulai 24 Agustus hingga 7 Oktober 2022

Dipublikasikan di sokoguru.id 

Penulis : Rafqi Sadikin

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus

Bagikan berita ini