Kota Sukabumi Tuan Rumah Ekraf Summit – Forum Ekraf Jawa Barat 2022

Thursday, 01 September 2022, 15:50:40

Kota Sukabumi bertindak selaku tuan rumah penyelenggaraan Ekraf Summit – Forum Ekraf Jawa Barat dalam pertemuan yang bertajuk “Bertemu dan Berbagi Gathering 2022” Sabtu (28/08/22) kemarin, di Rumah Mesra Teras Jabar, Jl. Suryakencana, Kel. Selabatu, Cikole, Kota Sukabumi. Selain itu, perwakilan Komite Ekonomi Kreatif se Jabar ini juga dijamu Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam Gala Dinner di Balai Kota Sukabumi.

Kehadiran perwakilan Komite Ekonomi Kreatif dan praktisi Ekraf se Jabar di Kota Sukabumi ini adalah untuk berdiskusi salah satunya membahas optimalisasi data dan informasi serta tips dan trik kerjasama kolaborasi termasuk sosialisasi mengenai indikator kota kreatif di Jawa Barat.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua Ekonomi Kreatif Kota Sukabumi Rendy Irlian Kamase dan Direktur Pelaksana Harian Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (Kreasi) Jawa Barat Harry Anugrah Mawardi bersama perwakilan dari sebelas perwakilan Kota dan Kabupaten di Jabar yang diwakili oleh Komite Ekraf dan Forum Ekraf.

Ketua Ekonomi Kreatif Kota Sukabumi Rendy Irlian Kamase mengatakan, kegiatan ini membahas perkembangan ekraf di wilayah. Termasuk membahas pendataan ekraf dan peluang pengembangannya.

“Kami menyadari bahwa banyak sekali isu-isu tentang pengembangan ekonomi kreatif yang harus bisa tersampaikan di dalam satu forum, sampai kemudian kreasi Jabar sebagai lembaga resminya Pemerintah Provinsi kemudian bisa menghimpun informasi-informasi tersebut dari masing-masing wilayah yang kemudian diinisiasi lah sebuah program bertemu dan berbagi dalam gathering ini,” terang Rendy.

Rendy menambahkan, dalam gathering yang berlangsung dua hari tersebut, selain Ekraf Summit 2022, juga dilaksanakan City Tour ke Museum Tionghoa, Museum Pegadaian, Rumah Budaya Sukuraga dan Rumah Mesra.

Direktur Pelaksana Harian Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (Kreasi) Jawa Barat Harry Anugrah Mawardi mengatakan, kehadiran perwakilan Komite Ekonomi Kreatif dan praktisi Ekraf se Jabar di Kota Sukabumi ini adalah membahas perkembangan kondisi Ekonomi Kreatif dan Forum Lintas Komunitas Ekonomi Kreatif di masing-masing Kota dan Kabupaten di Jabar.

“Yang kita bahas adalah mengenai pendataan ekonomi kreatif, lalu kemudian bagaimana pelaksanaan dan eksekusi program Ekonomi Kreatif di masing-masing Kota dan Kabupaten dan juga bagaimana merealisasikan kerjasama dengan ekosistem-ekosistem pendukung, mulai dari pembiayaan, dunia usaha dan legalitas,” kata Harry Anugrah.

Sementara Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan, sejak dirinya dilantik sebagai Wali Kota, dirinya sudah menggandeng para pelaku Ekonomi Kreatif untuk membuat roadmap pengembangan.

“Hal ini dikarenakan saat ini dengan jumlah penduduk sebanyak 363 ribu jiwa ada sekitar 60 persennya merupakan generasi milenial. Sehingga betapa pentingnya teman kreatif dalam program pembangunan. Saya mengajak untuk bersama-sama menguatkan kolaborasi dalam menghadapi target Indonesia di 2045 sebagai peringkat empat dunia di G20. Harus disukseskan dengan peran serta para pemuda dengan membuat kanal sistem mengantarkan anak muda bersaing dengan positif di 2045,” pungkas Fahmi.

 

Sumber: https://halosukabumi.com/kota-sukabumi-tuan-rumah-ekraf-summit-forum-ekraf-jawa-barat-2022/

 

Bagikan berita ini